Kamis, 24 Juli 2008

Kardio aja

THE COUPLES IN PEMIRA, WHOSE WILL BE CHOOSED?

Pemira, kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Sebuah kata yang menentukan nasib suatu pemerintahan. Yup, di sanalah kita akan memilih siapa sosok yang akan menduduki jabatan “PEMIMPIN”. Tentunya bukan sosok yang melihat kata itu sebagai suatu kedudukan atau posisi semata. Melainkan pemimpin yang mampu mengayomi rakyatnya, mengarahkan pemerintahan pada suatu kebaikan dan ketercapaian visi & misi yang dijanjikan.

But, sebelumnya temen2 harus tengok dulu yang namanya “KPR”. KPR merupakan komisi yang dibentuk atas inisiatif BEM dan DLM sehubungan dengan masa kepemimpinan atau pemerintahan BEM JK FKIK periode 2006-2008 yang telah berakhir. Komisi ini berperan penting dalam pemilihan presiden dan wakil presiden BEM JK selanjutnya.

Menurut informasi yang didapatkan dari KPR, sistem pemilihan kali ini menggunakan sistem “Couple” (pasangan). Dengan petimbangan agar terciptanya nuansa demokratis dimana masing-masing pasangan bisa saling melengkapi serta bisa mempersiapkan visi & misi mereka secara terpadu dan lebih matang.

Penuturan lain juga disampaikan oleh Humas KPR, yang mewakili KPR dalam penyampaian informasi ini. Dia mengatakan bahwa KPR mengalami kendala dalam persiapan Pemira ini. Kendala tersebut bukan berasal dari KPR sendiri melainkan respon mahasiswa keperawatan yang kurang terhadap moment ini. KPR berharap mahasiswa bisa lebih aktif berperan serta dalam menyukseskan Pemira kali ini.

“Alhamdulillah, sampai saat ini KPR masih berjalan lancar. Promosi sudah dijalankan, meskipun sampai hari kamis belum ada yang mencalonkan sebagai pasangan Capres dan Cawapres BEM JK. Namun hari ini (Jum’at/ 7 Maret 2008), sudah ada satu pasangan yang mendaftar” tambah humas KPR.

Sekarang akhirnya semua kekhawatiran KPR dan rasa penasaran orang-orang tentang siapa Capres & Cawapres yang akan maju pada Pemira ini terjawab sudah. Sesuai dengan publikasi KPR pada hari Senin (10 Maret 2008), pasangan–pasangan tersebut adalah (no.1) Pasangan Yusep (Capres) & Fanji (Cawapres) dan (no.2) Pasangan Enno (Capres) & Whandy (Cawapres). So, siap-siap pasang mata, telinga dan hati kita untuk menilai mereka secara objektif!

Sebelum menentukan pilihan tentunya kita memerlukan pertimbangan bijak dari diri kita sendiri terhadap mereka. Untuk itu kita perlu mengenal mereka lebih jauh lagi. So, lets we look their said! apa kata mereka?

* Apakah latar belakang yang membuat anda dan pasangan anda memutuskan untuk mencalonkan diri pada Pemira kali ini?

”Hal ini telah saya rencanakan sejak dulu. Saya ingin memajukan keperawatan. Saya akui kepemimpinan Mas Cecep kemarin sangat bagus, terlihat dengan adanya peningkatan yang cepat dalam kampus keperawatan ini. Kami akan meneruskan peningkatan tersebut sesuai dengan misi unggulan kami yaitu optimalisasi potensi kampus” –Yusep-

”Saya sudah cukup lelah mendengarkan beberapa komentar tentang apa terjadi di sekitar kita. Saya sudah bosan dengan ruangan diskusi. Ketika saya teramanati dan ketika di situ terdapat sebuah kesempatan atau sebuah momentum, kenapa tidak untuk saya mencoba dan Insya Allah saya mengambil keputusan ini dengan penuh konsekuensi dan tanggung jawab. Satu hal yang membuat saya melangkahkan kaki ini yaitu keterpanggilan saya untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat terhadap keperawatan”-Enno-

* Sejauhmana anda dan pasangan anda saling mengenal karakter dan tipikal kepemimpinan masing-masing?

”Saya sudah melihat kinerja pasangan saya sejak kami selalu bersama dalam kelompok di dalam kelas. Dia adalah orang yang bertanggung jawab. Kita memiliki perbedaan karakter dan sudut pandang, meskipun begitu kami mampu berjalan beriringan sampai saat ini dan itu yang saya butuhkan”-Enno-

” Saya sudah mengenal Fanji sejak SMA dan sudah mengenal karakter satu sama lain”

-Yusep-

* Apakah anda optimis akan menang pada Pemira kali ini?

”Saya optimis, do’akan saja!”-Yusep-

”Insya Allah, Saya yakin”- Enno-

* Apakah anda optimis bahwa tim sukses anda akan membawa anda pada kemenangan?

”Tentu, keyakinan saya terhadap mereka, sebesar keyakinan mereka terhadap saya”-Enno-

”Optimis lah, Insya Allah”-Yusep-

* Apa pesan anda untuk semua mahasiswa keperawatan yang akan memilih anda nanti?

”Selamatkan keperawatan!”-Yusep-

”Tanyalah pada hati kalian, bijaksanalah dalam menilai seseorang. Janganlah menilai seseorang hanya dari luarnya saja. Ada hakekat yang harus dimiliki seorang pemimpin yaitu sebuah pemahaman dan pilihan”-Enno-

Tidak bijak saat kita menilai mereka hanya dari segi perkataannya saja. Marilah kita mulai kenali mereka baik luar maupun dalam dari sekarang! Mereka berharap pemilihan ini akan berjalan lancar dan siapapun yang terpilih dapat berkomitmen dengan visi dan misinya.

Pasangan Capres dan Cawapres BEM JK kita ini pasti memiliki tipikal, gaya dan prinsip kepemimpinannya masing-masing. Kita harus lebih jeli untuk memilih Pres dan WaPres yang kompeten dari pasangan-pasangan tersebut. Tentunya dengan menggunakan hak pilih kita. Jangan sampai orang yang layak menduduki jabatan Pres dan Wapres BEM kita selanjutnya tidak mendapatkan kesempatan karena kita tidak menggunakan suara kita.

Pemira yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 19 Maret 2008 ini, mengundang rasa penasaran banyak orang tentang “Siapa pemimpin BEM JK periode selanjutnya?” ”Siapa pemimpin yang akan memperjuangkan mahasiswa dan dunia keperawatan selanjutnya?”, jawabannya ada ditangan anda yang memilih. Nasib mahasiswa keperawatan selanjutnya, suara anda di Pemira yang menentukan. Sesuai dengan tema Pemira kali ini, “ Partisipasi kita semua menentukan kemajuan dunia keperawatan di masa sekarang dan mendatang”.

By

Phie & N’ai

Tidak ada komentar: